top of page

PELEPASLIARAN SEMBILAN EKOR BURUNG BERKICAU DI KAWASAN CAGAR ALAM GUNUNG NYIUT (CAGN).





Bengkayang, (22/12/2023). BKSDA Kalimantan Barat bersama Yayasan Planet Indonesia (YPI), Camat Tujuh Belas, DAD Tujuh Belas, Kades Pisak, Perwakilan Masyarakat (Anggota SMART Patrol) berhasil melepasliarkan 9 (sembilan) ekor burung berkicau di kawasan Cagar Alam Gunung Nyiut (CAGN).


Burung – burung kicau ini merupakan hasil rescue Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Kalimantan Barat bersama Balai Pertanian Kelas I Pontianak di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Balai Pertanian Kelas I Entikong di PLBN Badau dan Tim Pos Pelabuhan Dwikora.



Kondisi satwa ketika berhasil di rescue umumnya mengalami stress dan lemah akibat berada dalam tempat yang sangat kecil selama di perjalanan.


Burung-burung hasil penyelamatan kemudian dilakukan pemulihan kondisi, pengamatan kondisi kesehatan dan perilaku lebih lanjut oleh BKSDA Kalimantan didukung oleh Yayasan Planet Indonesia di Pusat Penyelamatan Burung Berkicau (P2B2) Wak Gatak Conservation Center.


Upaya ini dilakukan guna memulihkan dan memastikan satwa burung benar-benar bebas dari penyakit setelah dilakukan masa karantina, dan mengantisipasi hal-hal buruk yang dimungkinkan terjadi pada satwa.


Setelah melalui proses perawatan, pemulihan kesehatan serta rehabilitasi selama 8 (delapan) bulan, akhirnya mereka kembali ke alam.


Semoga dengan dilepasliarkannya burung-burung tersebut, mereka akan kembali menjalankan fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem di alam.



18 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page